Record Detail Back

XML

Rekayasa Hidrologi


Hidrologi terdiri atas kata hydro yang berarti air, dan logy yang berarti ilmu. Dengan ini hidrologi adalah sebuah ilmu ilmiah yang mempelajari tentang sifat air baik di bumi dan atmosfer. Mulai dari bagaimana proses sirkulasinya terjadi di bumi, sifat-sifat fisik dan kimianya, hingga hubungannya dengan lingkungan kehidupan baik yang berada di atas atau pun yang berada di bawah dekat permukaan bumi.

Pendalaman terhadap hidrologi dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang keilmuan lainnya, seperti misalnya hidrologi digunakan untuk memperkirakan intensitas hujan dan banjir, perkiraan jumlah air yang dibutuhkan tanaman hingga jumlah air dalam suatu sumber mata air. Hidrologi juga penting untuk memastikan jumlah air demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dengan sifat debit air yang tidak menentu.

Di antaranya perkiraan debit air pada pengairan, bendungan, aliran sungai, tempat wisata, dan lainnya. Buku Rekayasa Hidrologi (Edisi Revisi) hadir sebagai salah satu buku referensi ilmu perairan atau hidrologi yang telah disusun ulang secara rinci dan ringkas. Buku ini berisikan materi hidrologi mulai dari siklus hingga hubungannya dengan ilmu lain seperti iklim dan meteorologi.

Buku ini menjadi buku pegangan wajib bagi mahasiswa sarjana hingga doktoral Jurusan Teknik Perairan, Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Dengan demikian mahasiswa dari mana pun bisa memanfaatkan buku ini sebagai referensi tambahan mengenai rekayasa hidrologi.
Lily Montarcih Limantara - Personal Name
-
551.48 LIM r
9789792970210
551.48
Text
Indonesia
Penerbit Andi
2019
Yogyakarta
xviii+318 hlm.; ilus.; 23 cm.
LOADING LIST...
LOADING LIST...